7 Doa Malam Lailatul Qadar yang Mustajab

  • Bagikan
7 Doa Malam Lailatul Qadar yang Mustajab

Sukabuminewsupdate.com – 7 Doa Malam Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar merupakan malam istimewa di bulan Ramadhan. Malam Lailatul Qadar adalah malam dimana Al-Qur’an pertama kali diturunkan dan menjadi tonggak sejarah Islam.

Tonggak sejarah Islam ini berawal dari kitab suci Al-Qur’an yang menjadi pedoman bagi seluruh umat manusia, khususnya bagi umat Islam yang beriman pada kebenaran Islam.

Puasa Ramadhan dan cara pelaksanaannya memiliki kekhasan tersendiri, terutama adanya malam Lailatul Qadar.

Oleh karena itu, ketika malam lailatul qadar hadir, dianjurkan untuk tetap berdoa, beribadah, itikaf, merenungkan alam semesta, mengevaluasi diri sendiri, guna menangkap lebih banyak rambu-rambu keagungan Allah SWT

7 Doa Malam Lailatul Qadar yang Mustajab

7 Doa Malam Lailatul Qadar

Salah satu hal yang bisa kita lakukan pada malam lailatul qadar adalah berdoa. Berdoa bukan hanya berarti kita hanya memohon kepada Allah.

Tetapi sebagai pengisi spiritual agar kita tetap semangat dalam mengejar kebaikan sebagai langkah mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menggapai dunia menurut Islam, sukses menurut islam, sukses di dunia dan akhirat menurut ke Islam.

Inti dari doa pada malam lailatul qadar dengan cenrtainly tidak hanya berhenti hanya berdasarkan permintaan. Doa untuk Allah SWT dikabulkan atau tidak, kita tidak pernah tahu. Oleh karena itu, manusia dituntut untuk terus mengusahakan dan bekerja keras guna menggapai pertolongan Allah SWT.

Inilah 7 doa yang bisa diucapkan pada malam lailatul qadar, sebagai pengingat dan juga motivasi spiritual kita untuk tetap berada di jalan yang diridhoi oleh Allah SWT.

1. Doa Meminta Keturunan yang Baik dan Taat

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَآ اُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَۖ وَاَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۚ اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

“Ya Tuhan kami, jadikanlah kami orang yang berserah diri kepada-Mu, dan anak cucu kami (juga) umat yang berserah diri kepada-Mu dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan ibadah (haji) kami, dan terimalah tobat kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Penerima tobat, Maha Penyayang”

(QS: Al-Baqarah ayat 128)

2. Doa Meminta Pengampunan dan Bantuan

َا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا ٱكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”

(QS: Al-Baqarah ayat 286)

3. Doa Meminta Rahmat Allah SWT

قَالَا رَبَّنَا ظَلَمْنَآ اَنْفُسَنَا وَاِنْ لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ

“Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.”

(QS: Al-A’raf ayat 23)

4. D0a Meminta Keadilan

لقَدِ ٱفْتَرَيْنَا عَلَى ٱللَّهِ كَذِبًا إِنْ عُدْنَا فِى مِلَّتِكُم بَعْدَ إِذْ نَجَّىٰنَا ٱللَّهُ مِنْهَا ۚ وَمَا يَكُونُ لَنَآ أَن نَّعُودَ فِيهَآ إِلَّآ أَن يَشَآءَ ٱللَّهُ رَبُّنَا ۚ وَسِعَ رَبُّنَا كُلَّ شَىْءٍ عِلْمًا ۚ عَلَى ٱللَّهِ تَوَكَّلْنَا ۚ رَبَّنَا ٱفْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِٱلْحَقِّ وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْفَٰتِحِينَ

“Sungguh kami mengada-adakan kebohongan yang benar terhadap Allah, jika kami kembali kepada agamamu, sesudah Allah melepaskan kami dari padanya. Dan tidaklah patut kami kembali kepadanya, kecuali jika Allah, Tuhan kami menghendaki(nya). Pengetahuan Tuhan kami meliputi segala sesuatu. Kepada Allah sajalah kami bertawakkal. Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak (adil) dan Engkaulah Pemberi keputusan yang sebaik-baiknya”
(QS: Al-A’raf ayat 89)

5. D0a Meminta Jalan yang Benar

رَبَّنَاۤ اٰمَنَّا بِمَاۤ اَنۡزَلۡتَ وَاتَّبَعۡنَا الرَّسُوۡلَ فَاكۡتُبۡنَا مَعَ الشّٰهِدِيۡنَ‏

“Ya Tuhan kami, kami telah beriman kepada apa yang Engkau turunkan dan kami telah mengikuti Rasul, karena itu tetapkanlah kami bersama golongan orang yang memberikan kesaksian..”

(QS: Ali ‘Imran ayat 53)

6. Doa Meminta Perlindungan

قَالَ رَبِّ اِنِّيْٓ اَعُوْذُ بِكَ اَنْ اَسْـَٔلَكَ مَا لَيْسَ لِيْ بِهٖ عِلْمٌ ۗوَاِلَّا تَغْفِرْ لِيْ وَتَرْحَمْنِيْٓ اَكُنْ مِّنَ الْخٰسِرِيْنَ

“Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu untuk memohon kepada-Mu sesuatu yang aku tidak mengetahui (hakikatnya). Kalau Engkau tidak mengampuniku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku termasuk orang yang rugi”

(QS: Hud ayat 47)

7. Doa Meminta Pengampunan

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ (٤٠)رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ (٤١)

“Ya Tuhanku, Jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, Ya Tuhan Kami, perkenankanlah doaku.” 41. “Ya Tuhan Kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat) “

(QS: Ibrahim ayat 40-41)

Baca juga:10 Malam Terakhir Ramadhan – 5 Amalan ini Jangan Di Lewatkan!

Itulah referensi 7 doa (doa) dari Al-Qur’an yang bisa kita ucapkan pada malam lailatul qadar. Sesungguhnya doa yang berasal dari Al-Qur’an dapat menjadi rujukan bagi kita untuk menyelesaikan masalah atau keinginan kita.

 

  • Bagikan