Cara Memperbaiki HP Android Tidak Mau Menyala

Sukabuminewsupdate.com – Mimpi buruk setiap pemilik ponsel cerdas mencoba menyalakan ponsel Anda dan menemukan bahwa tidak ada yang terjadi. Ponsel Anda tidak mau hidup. Layar hitam tanpa tanda kehidupan berarti bencana. Namun, masih ada solusi untuk memperbaiki HP Android Anda.

Penyebab dan Solusi Memperbaiki HP Android

Apa alasan ponsel atau tablet Android Anda mungkin tidak menyala? Mari kita lihat beberapa penyebab dan solusinya.

1. Masalah Pengisian

Cara Memperbaiki HP Android Tidak Mau Menyala

Seperti yang sering terjadi, penyebab paling jelas biasanya adalah yang benar.

Jika Anda belum memperhatikan tanda-tanda ponsel Anda tidak berfungsi sebelumnya, masalahnya mungkin sederhana seperti kurangnya jus di baterai. Lebih sering daripada tidak, itu kembali ke masalah pengisian daya.

  • Periksa Koneksi Anda

Pertama, periksa poin-poin yang sudah jelas. Apakah Anda pasti ingat untuk mengisi daya ponsel Anda? Apakah pengisi daya terlepas sebagian dari stopkontak? Dan apakah soket listrik sudah dihidupkan?

  •  Kotoran dan Debu

Selanjutnya, pastikan tidak ada debu, kotoran, atau kotoran lain yang menyumbat port USB pada kabel pengisi daya atau port pengisian daya ponsel Anda.

Ingat, koneksinya rumit. Cara terbaik untuk menghilangkan kotoran dari port adalah dengan menggunakan sekaleng udara terkompresi.

  • Pecahkan Masalah Kabel Anda

Kabel pengisi daya USB terkenal sering tidak berfungsi dengan sendirinya. Anda dapat memeriksa integritas kabel Anda dengan menggunakannya dengan perangkat lain dan melihat apakah itu berfungsi.

Kami telah membahas beberapa kabel pengisian daya terbaik untuk Android jika Anda ingin menjelajahi opsi lain.

2. Cara Memperbaiki HP Android Dengan Periksa Baterai Anda

Cara Memperbaiki HP Android Tidak Mau Menyala

Jika Anda yakin bahwa peralatan pengisian daya Anda berfungsi, dan siklus daya belum menyelesaikan masalah Anda, sekarang saatnya mengalihkan perhatian Anda ke baterai ponsel Anda. Mungkin itu alasan ponsel Anda tidak menyala.

Sebagian besar baterai ponsel dan tablet mulai menurun kualitasnya dengan cepat setelah beberapa tahun digunakan. Akhirnya, mereka akan mati total. Jenis kerusakan lainnya juga dapat memengaruhi baterai secara permanen. Cairan, jatuh ke permukaan yang keras, dan suhu ekstrem dapat membuat baterai tidak berguna.

  • Periksa Baterai Menerima Daya

Setelah Anda menghubungkan ponsel atau tablet Anda ke pengisi daya, tunggu satu menit untuk melihat apakah ikon baterai muncul di layar Anda.

Jika ya, baterai Anda baik-baik saja, dan Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya. Atau, Anda mungkin melihat lampu merah kecil (atau warna lain) berkedip. Jika Anda melakukannya, itu berarti baterai Anda tidak memiliki cukup daya untuk menghidupkan atau menampilkan konten apa pun di layar. Biarkan terisi selama 30 menit, lalu coba lagi.

Tidak melihat ikon baterai atau lampu? Itu mungkin berarti baterai Anda sudah mati dan perlu diganti.

Jika ponsel Anda memiliki baterai yang dapat dilepas, Anda dapat membeli yang baru di servis center resmi atau di online dengan harga yang pantas. Untuk ponsel tanpa baterai yang dapat dilepas, Anda perlu mencoba membongkar ponsel Anda dan mengganti baterainya sendiri atau membawanya ke toko spesialis.

Ketahuilah bahwa jika Anda mencoba mengganti baterai sendiri, Anda dapat membatalkan garansi perangkat. Jika Anda ingin memeriksa kesehatan baterai Android Anda , ikuti panduan kami.

3. Gunakan Komputer Anda untuk Mengatasi Masalah

Gunakan Komputer Anda untuk Mengatasi Masalah

Jika Anda masih tidak bisa mendapatkan perangkat Anda untuk boot, Anda mungkin bisa memaksanya untuk hidup menggunakan komputer Anda. Google menyediakan serangkaian langkah yang agak berbelit-belit yang dapat Anda lakukan. Kami telah menyederhanakannya di bawah ini:

  • Hubungkan telepon Anda ke komputer Anda menggunakan kabel USB.
  • Biarkan terisi selama 15 menit.
  • Lepaskan kabel dari perangkat Anda (bukan komputer).
  • Sambungkan kembali kabel dalam 10 detik setelah melepaskannya.
  • Isi daya perangkat Anda selama 30 menit lagi.
  • Tekan dan tahan tombol Daya selama lima detik.
  • Ketuk Restart di layar Anda.
  • Jika Anda tidak melihat Restart , tahan tombol power selama 30 detik.

Jika tidak ada yang berhasil di sini, mungkin sudah waktunya untuk menghadapi kenyataan bahwa Anda membeli hp baru.

Check Also

5 Ponsel Samsung Berbekal RAM 6 GB yang Sesuai Buat Multitasking

Buat menunjang keperluan kebutuhan multitasking dikala bekerja tiap hari, semacam mengunduh file video ataupun gambar …