Hal Makruh yang Harus Dihindari Dalam Berpuasa

  • Bagikan
Hal Makruh yang Harus Dihindari Dalam Berpuasa

Sukabuminewsupdate.com – Selama berpuasa, umat Islam harus mengetahui apa itu puasa di bulan Ramadhan agar ibadah dalam berpuasa tidak sia-sia.

Puasa makruh adalah suatu tingkah laku atau tingkah laku tertentu, jika dilakukan maka akan menurunkan kualitas puasa kita. Dengan kata lain, puasa merupakan sesuatu yang dapat mengurangi pahala bahkan dapat membatalkan puasa di bulan Ramadhan.

Hal tersebut sejalan dengan ucapan Nabi sallallaahu’alaihi wa sallam dalam hadits berikut ini:

“Puasa itu bukanlah sebatas menahan diri dari makanan dan minuman, tetapi puasa adalah menjauhi perkara yang sia-sia dan kata-kata kotor.” (HR. Ibnu Khuzaimah no. 1996. Tahqiq Syaikh Al-A’zami berkata ini shahih).

Hal Makruh yang Harus Dihindari Dalam Berpuasa

8 Hal Makruh yang Dapat Membatalkan Berpuasa

Untuk lebih detailnya, kutip hal-hal berikut yang harus dihindari dalam berpuasa dari berbagai sumber:

1.  Berkumur yang berlebihan

Hal pertama yang termasuk puasa adalah berlebihan berkumur saat berwudhu. Perilaku berlebihan ini sebenarnya adalah sunat bagi mereka yang melakukan seni bela diri. Namun, hukum menjadi salah saat berpuasa.

Aturan berkumur makruh dan menuangkan terlalu banyak air ke hidung saat puasa didasarkan pada perkataan nabi sallallaahu’alaihi wa sallam kepada Laqith bin Shabrah:

“Bersungguh-sungguhlah dalam berkumur dan dalam menghirup air ke hidung, kecuali jika engkau sedang berpuasa.”

Jika obat kumur sengaja masuk ke perutnya, maka menurut ijtimak.,puasanya batal dan wajib melakukan qadha atau mengganti puasanya.

2. Menatap istri atau wanita lain dengan waktu yang lama

Memperhatikan istri atau wanita dalam waktu lama dianggap makruh selama berpuasa karena dikhawatirkan akan menimbulkan nafsu.

Untuk menghindarinya, hal itu harus dihindari karena dapat menyebabkan terputusnya puasa.

3. Dihindari Dalam Berpuasa – Bekam saat puasa

Selama puasa Ramadhan berikutnya, yang harus dilakukan dengan mug adalah melakukan bekam, yang membuat tubuh lemas.

Namun, jika tidak melemahkan tubuh, maka bekam bisa dilakukan saat puasa.

4. Dihindari Dalam Berpuasa – Gosip

Selama bulan puasa Ramadhan, obrolan ringan, obrolan ringan atau obrolan ringan dianggap perilaku serius. Terkadang kita melakukan ini tanpa menyadarinya.

Padahal, mengemis tidak hanya dilarang saat berpuasa. Bahkan di luar puasa, hal ini tidak diperbolehkan. Mereka yang suka bergosip bahkan dibandingkan dengan mereka yang memakan jenazah saudara laki-lakinya.

5. Terlalu banyak tidur saat berpuasa

Dapat dijelaskan dalam hadits bahwa tidur orang yang berpuasa adalah beribadah. Tujuan Hadits adalah bahwa lebih baik tidur selama puasa daripada melakukan sesuatu yang tabu, jika tidak maka hal itu akan membatalkan puasa.

Namun bukan berarti tidur seharian tanpa melakukan aktivitas lain, seperti sholat, bekerja atau bersekolah. Karena sebenarnya semua hal yang mubazir ini dibenci oleh Allah SWT. Begitu pula dengan tidur berlebihan saat puasa Ramadhan.

6. Mandi dengan menyelam

Makruh puasa selanjutnya adalah mandi dengan menyelam atau berenang. kenapa seperti ini

Karena mandi di diving bukan tidak mungkin, air malah bisa masuk ke tubuh sedikit lewat mulut, hidung atau bukaan badan lainnya.

Karena mandi di diving bukan tidak mungkin, air malah bisa masuk ke tubuh sedikit lewat mulut, hidung atau bukaan badan lainnya.

7. Bayangkan hal-hal kotor terkait jimak

Selama bulan puasa Ramadhan, memikirkan seks atau mendengarkan sesuatu, imajinasi atau fantasi akan dianggap sebagai hal yang makruh.

Kegiatan tersebut dapat memotivasi orang untuk melakukan hal-hal khayalan sehingga memicu keluarnya air mani. Ini jelas membatalkan ibadah puasa.

8. Dihindari Dalam Berpuasa – Cicipi makanannya

Beberapa ulama berpendapat bahwa tidak menelan dan mencicipi makanan saat berpuasa tidak dianggap sebagai hal yang berbahaya.

Namun, jika Anda merasakan makanan berkali-kali dan sebagian masuk ke perut, meski hanya sebagian kecil, akan mengganggu pola makan Anda.

Nah, itulah beberapa hal makruh yang harus dihindari dalam berpuasa. Semoga dengan informasi ini bisa bermanfaat dan semoga semua Amal ibdah selama berpuasa di terima Allah WAT. Aamin..

 

 

  • Bagikan