Inilah Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Menurut Ilmu kedokteran

  • Bagikan
Manfaat puasa bagi kesehatan mental

Sukabuminewsupdate.com – Inilah Manfaat puasa bagi kesehatan menurut Ilmu Kedokteran. Bagi umat Islam, puasa bukan lagi hal yang asing. Puasa itu bermacam-macam, dari wajib sampai sunnah. Puasa wajib bagi umat Islam setahun sekali adalah bulan Ramadhan.

Selain itu, ada banyak puasa sunda, seperti puasa Senin hingga Kamis, bulan Rajab dan bulan-bulan lainnya. Selain menjadi ibadah wajib umat Islam, puasa sangat baik untuk kesehatan.

Inilah Faktanya Manfaat puasa bagi kesehatan

Puasa dapat mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan, Inilah beberapa Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Menurut Ilmu kedokteran, di antaranya adalah:

1. Menjaga berat badan

Puasa bisa menurunkan glukosa dan berat badan seseorang. Selama berpuasa, tubuh tidak menyerap kalori. Lemak yang dibakar menjadi lemak akan sangat membantu penurunan berat badan dan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Dengan penurunan berat badan maka akan lebih mudah untuk mengontrol tekanan darah dan penyakit kencing manis (gula darah).

Tapi yang harus Anda lakukan adalah berpuasa dengan benar dan sehat. Anda harus mengontrol nafsu makan saat berpuasa. Makan yang cukup dan penuhi kebutuhan nutrisi Anda.

2. Baik untuk jantung

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa puasa baik untuk kesehatan jantung. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering berpuasa apalagi dilakukan setiap 2 minggu sekali memiliki risiko penyakit jantung lebih rendah daripada orang yang tidak berpuasa sama sekali.

Fakta bahwa puasa sangat bermanfaat bagi kesehatan adalah HDL (high-density lipoprotein) atau kolesterol baik meningkat saat puasa, begitu pula sebaliknya LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat akan menurun. Penurunan LDL baik untuk kesehatan jantung.

3. Tingkatkan kesehatan seseorang

Puasa, gaya hidup sehat, dan kebiasaan makan sehat dapat membantu para praktisi tersebut memecahkan beberapa masalah medis. Misalnya arthritis, radang usus besar dan penyakit kulit.

Tapi ingat, selalu terapkan pola hidup sehat saat berpuasa atau setelah tidak berpuasa. Jangan ketika Anda tidak atau selesai berpuasa, Anda bisa makan apa saja tanpa memperhatikan kesehatan Anda.

4. Menurunkan Adrenalin

Puasa tidak hanya mengajarkan kita untuk menahan lapar dan haus, tetapi juga mengajarkan kita banyak hal. Kendalikan emosi, kurangi pikiran negatif, dan jangan mudah marah. Keadaan pikiran yang tenang ini dapat menurunkan adrenalin seseorang.

Manfaat mengurangi adrenalin adalah mengurangi kontraksi otot empedu dan meningkatkan aliran darah ke jantung dan jumlah detak jantung. Saat adrenalin rendah, ternyata seseorang bisa terhindar dari risiko penyakit jantung, penyakit otak, dan stroke

5. Perbaiki dan pulihkan sel

Selama Anda berpuasa, aktivitas pembelahan sel dalam tubuh akan berkurang karena tubuh tidak mengonsumsi energi yang cukup. Ini bisa mengurangi risiko kanker.

Selain itu, sel tunas juga dapat memperbaiki dan mengembalikan fungsinya. Makan ketika sahur dan berbuka puasa akan memberikan asam amino dan asam lemak, asam amino dan asam lemak tersebut akan menghasilkan protein tunas, lemak dan protein lain yang membantu membangun sel baru.

Faktor Kondisi yang tidak memungkinkan untuk berpuasa

Meski puasa bisa membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, ada beberapa kondisi medis yang menghalangi seseorang untuk berpuasa. Penyakit ini antara lain penderita diabetes parah, masalah ginjal dan hati, orang yang menjalani kemoterapi, ibu hamil dan ibu menyusui.

Kami merekomendasikan bagi mereka yang memiliki riwayat kesehatan yang buruk atau penyakit tertentu, apakah Anda diperbolehkan berpuasa atau tidak, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter Anda.

Baca juga: Cara Menarik Berkah Dalam Bisnis Selama Bulan Ramadhan

Nah, demikianlah penjelasan dari fakta bahwa puasa sangat baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, kita tidak hanya mendapatkan amalan yang baik.

  • Bagikan