Inilah Alasan Mengapa Jangan Meletakan HP Dekat Kepala Saat Tidur

  • Bagikan
Inilah Alasan Mengapa Jangan Meletakan HP Dekat Kepala Saat Tidur

Sukabuminewsupdate.com – Sebagian besar dari kita selalu membawa ponsel setiap saat. Pesan dan email terus datang, Anda menggunakan tampa henti memantau media sosial Anda, dan Anda tidak pernah tahu bahayanya ketika meletakan HP berada dekat kepala ketika tidur.

Inilah Alasan Mengapa Jangan Meletakan HP Dekat Kepala Saat Tidur

Bahaya Meletakan HP Dekat Kepala Saat Tidur

Bahkan dapat dimengerti bahwa orang ingin melihat Hp mereka segera setelah mereka bangun untuk menangani semua notifikasi yang datang saat tidur.

Tetapi haruskah Anda meletakan HP berada di dekat Anda saat Anda sedang tidur? Mungkin tidak, dan inilah alasan serta bahanya bagi kesehatan Anda:

1. Akan Membuat Tidur Lebih Sulit

Sebuah studi tahun 2011 menemukan bahwa 9 dari 10 orang Amerika menggunakan beberapa jenis perangkat teknologi satu jam sebelum tidur. Istilah “perangkat teknologi” tidak hanya mencakup ponsel, seperti TV, komputer atau laptop, konsol video game, dan banyak lagi.

Namun dari semua perangkat teknologi, ponsel paling mungkin digunakan oleh orang yang berusia di bawah 30 tahun.

Bagi orang dewasa muda yang menggunakan ponsel dan perangkat berteknologi lebih interaktif lainnya sebelum tidur, tidur bukanlah hal yang mudah.

Saat Anda menggunakan teknologi, terutama ponsel Anda, tepat sebelum tidur, Anda tidak memberikan cukup waktu bagi tubuh dan otak Anda untuk melepas lelah. Selain itu, sangat mudah untuk terjebak dalam permainan yang sedang Anda mainkan, umpan berita Twitter yang Anda gulir, media sosial Anda. dll.

2. RisikoTerkena Paparan Radiasi

Ada banyak orang di luar sana yang mengatakan bahwa ponsel menyebabkan kanker. Saat ini, tidak ada cukup bukti ilmiah yang pasti untuk mendukung pernyataan ini.

Sebuah studi oleh Program Toksikologi Nasional pada tahun 1999 memaparkan tikus pada tingkat tinggi radiasi frekuensi radio dari telepon seluler. Mereka menemukan bukti tumor, baik jinak maupun ganas, di jantung, otak, dan kelenjar adrenal tikus uji.

Namun, FDA mengatakan bahwa “hampir 30 tahun bukti ilmiah belum menghubungkan paparan energi frekuensi radio dari penggunaan ponsel dengan masalah kesehatan, seperti kanker.”

Karena studi ilmiah dan informasi yang bertentangan di luar sana, sulit untuk mengetahui praktik terbaik apa yang harus Anda ikuti terkait ponsel Anda.

Ponsel Anda memancarkan radiasi non-ionisasi tingkat rendah , tetapi hanya saat digunakan. Satu-satunya efek samping yang diketahui dari radiasi ini adalah pemanasan. Ponsel Anda menjadi panas ketika telah digunakan untuk beberapa saat, dan jika Anda mengangkat ponsel ke kepala untuk melakukan panggilan, jaringan tubuh di sekitarnya juga dapat memanas.

Jika Anda khawatir tentang potensi paparan radiasi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

  • Jauhkan ponsel dari Anda saat Anda sedang tidur. Jika Anda mendapatkan panggilan atau pemberitahuan sepanjang malam yang meningkatkan radiasi frekuensi radio yang berasal dari ponsel Anda, jaraknya cukup jauh dari Anda sehingga Anda tidak akan terpengaruh terlalu banyak.
  • Jika Anda perlu mendengarkan musik atau podcast saat Anda tidur, coba gunakan earbud atau speaker Bluetooth.
  • Jika Anda ingin membatasi paparan terhadap radiasi ponsel lebih jauh, cobalah menerima panggilan secara handsfree dan menyimpan ponsel Anda di tempat lain selain saku Anda. Memperluas jarak antara Anda dan ponsel adalah kunci untuk mengurangi efek kecil radiasi frekuensi radio terhadap Anda.

Coba letakkan ponsel Anda di ruangan lain saat Anda sedang tidur. Atau, jika Anda memerlukan ponsel di kamar tidur  pastikan jaraknya setidaknya 2 meter dari Anda.

  • Bagikan