Ketika seseorang memutuskan untuk berpisah dengan pasangannya

  • Bagikan

Ketika seseorang memutuskan untuk berpisah dengan pasangannya, itu artinya dia akan melalui tahap panjang proses2 pengadilan, segala tetek bengeknya, gejolak emosi, makan banyak biaya dan waktu, jangan tanya tangis yang tertumpah, atau bahkan ada kalanya kesakitan tiada tara. Belum lagi harus tahan hati dengar ocehan sana sini, sinisan orang-orang, gunjingan, dan lainnya.

Kalau gw sih udah masuk tahap masa bodo… gw tetep keukeuh gak menceritain alasannya, dan gak mau mikirin komen2 orang dibelakang gw, gw tetep bersikeras itu ranah pribadi gw 😂😂😂. Dan jika gw udah keukeuh pisah… artinya gw udah siap melewati fase2 sulit itu.
Kisah gw kayak sinetron… dan kesamber petir tengah malam. Runtuh dalam sekejab belasan tahun yang pernah terlalui.
Gw udah berusaha menyelamatkan sekuat yang gw bisa (may be someday gw bahas dengan alur yang baik) at the end, kalau gw terus pegang talinya, gw dan anak2 ikut keperosok. So… gw lepasin.

Gw gak tahu yang kedepan gimana nanti. Rahasia Allah. Gw tetep semangat buat menjalani hari-hari kedepan. Jika kita menanam kebaikan, maka kebaikan kelak yang kita tuai. Thats it!

Gw amat menghargai orang-orang yang dengan etikanya tidak bertanya detil atau sekedar kepo. Kalau menurut gw gak harus gw balas, ya gak gw balas. Atau kalau komennya harus gw hapus, ya gw hapus or block sekalian.
.
Balik lagi ke paragraf awal,

ketika seseorang memutuskan untuk pisah… hargai! Jalan nya amat terjal, lebih terjal dari proses mau menikah.
.
Terus, kalau kalian liat gw lebih berani or lebih glowing sekarang, itu karena gw lebih mencintai diri gw sekarang. Gak ada alasan lain.
.
Gw berani speak up! karena gw mau memberantas stigma negatif yang melekat pada sosok seorang Ibu Tunggal. Mereka bukan orang2 kesepian yang mengharap kasih sayang, orang lemah yang mengiba-iba, orang yang meminta perlindungan. Tapi mereka kuat, berani untuk melanjutkan hidup, walau tahu beban yang mereka pikul amatlah berat. So kenapa gw harus malu. Gak ada yang salah ama status gw. Gw fight buat anak2 gw dan buat masa depannya.
.
Angkat topi buat teman2 gw sesama Ibu Tunggal… mereka adalah orang2 pemberani.
.
#menulisharian

  • Bagikan