Keutamaan Shalat Tarawih 10 Hari Terakhir Ramadhan

  • Bagikan
Keutamaan Shalat Tarawih 10 Hari Terakhir Ramadhan

Sukabuminewsupdate.com – Keutamaan Shalat Tarawih menjadi perbuatan yang tidak terpisahkan baik sebagai salah satu bagian dari  sunnah di bulan Ramadhan. Itulah mengapa Anda sebaiknya tidak melewatkan kesempatan untuk melakukannya secara rutin selama bulan Ramadhan.

Dalam banyak hal, umat Islam percaya bahwa ada begitu banyak nilai dan manfaat shalat tarawih selama Ramadhan, di luar manfaat membaca Alquran di bulan Ramadhan . Keistimewaan Ramadhan terletak pada sepuluh hari pertama, malam Lailatur Qadar, dan sepuluh hari terakhir sebelum Ramadhan berakhir.

Keutamaan Shalat Tarawih 10 Hari Terakhir Ramadhan

Keutamaan Shalat Tarawih 10 Hari Terakhir Ramadhan

Terdapat  beberapa nilai keutamaan dari sepuluh hari terakhir sholat tarawih di bulan Ramadhan. Berikut 5 keutamaan shalat tarawih 10 hari terakhir ramadhan

1. Perkuat Iman

Ketika Muslim melakukan shalat Tarawih pada sepuluh hari terakhir  selama Ramadhan, itu secara signifikan meningkatkan keimanan mereka kepada Allah sebagai bagian dari cara mereka untuk tetap Istiqomah . Apalagi jika mereka melakukannya dengan sungguh-sungguh.

2. Memperbesar Rezeki

Biasanya, ketika umat Islam pergi ke masjid untuk shalat tarawih mereka akan memberikan sebagian rezeki mereka ke masjid. Kebanyakan Muslim percaya bahwa jika mereka memberikan rezeki lebih banyak maka mereka akan mendapatkan lebih banyak dari Allah baik selama puasa Ramadhan maupun setelahnya.

Itulah mengapa memberi rezeki di masjid pada sepuluh hari terakhir  shalat tarawih dapat meningkatkan rezeki mereka secara signifikan. Entah itu terjadi sekarang atau nanti, kita percaya bahwa Allah akan membalas berkali-kali lipat.

3. Berlatihlah Menjadi Lebih Sabar

Shalat tarawih jumlahnya sangat banyak yang berbeda dengan shalat lima waktu biasa. Bisa 13, 23, atau lebih dari itu tergantung aturan dari masjid. Itulah mengapa melakukan shalat tarawih pada sepuluh hari terakhir Ramadhan secara signifikan dapat membuat kita menjadi lebih sabar dalam beribdah.

4. Dapatkan Hidup yang Lebih Sehat

Umat ​​Islam lebih tahu bahwa setelah berbuka puasa terkadang mereka memiliki banyak makanan. Hal tersebut membuat mereka mendapatkan hidup yang tidak sehat yang setelah seharian kelaparan kemudian memaksa tubuh  untuk mengkonsumsi makanan yang begitu banyak sekaligus. Hal tersebut menjadikan shalat tarawih menjadi salah satu cara untuk membakar lemak selama melakukan gerakan panjang dalam shalat tersebut.

Itu disebutkan dalam Alquran Al A’raf ayat 31 di bawah ini.

يٰبَنِىۡۤ اٰدَمَ خُذُوۡا زِيۡنَتَكُمۡ عِنۡدَ كُلِّ مَسۡجِدٍ وَّكُلُوۡا وَاشۡرَبُوۡا وَلَا تُسۡرِفُوۡا‌ ۚ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الۡمُسۡرِفِيۡ

“Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan ” QS. Al-A’raf Ayat 31

5. Dapatkan Pahala Terbaik

Umat ​​Islam meyakini bahwa Allah akan memberikan pahala terbaik dalam beramal, apalagi saat Ramadhan menjadi salah satu manfaat dan keutamaan puasa . Melakukan sholat tarawih sepuluh hari terakhir menjadi salah satu amalan kebaikan yang dijanjikan Allah kepada mereka akan mendapatkan pahala dan syukur yang lebih banyak.

Seperti yang disebutkan dalam Alquran surah Al Hadid ayat 21 di bawah ini.

سَابِقُوْٓا اِلٰى مَغْفِرَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا كَعَرْضِ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِ ۙ اُعِدَّتْ لِلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا بِاللّٰهِ وَرُسُلِهٖ ۗ ذٰلِكَ فَضْلُ اللّٰهِ يُؤْتِيْهِ مَنْ يَّشَاۤءُ ۚوَاللّٰهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيْمِ

“Berlomba-lombalah kamu untuk mendapatkan ampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-rasul-Nya. Itulah karunia Allah, yang diberikan kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.”
(QS Al Hadid ayat 21)

Baca juga:4 Keutamaan Malam Lailatul Qadar – Malam Yang Dinatikan Seluruh Umat Muslim

Demikian sekilas tentang beberapa nilai shalat tarawih sepuluh hari terakhir di bulan ramadhan. Semoga semua amal ibadah kita selama Ramadhan diterima oleh Allah SWT. Aamin..

  • Bagikan