Makanan dan Minuman Takjil Ramadhan Paling Favorit

  • Bagikan

Sukabuminewsupdate.com – Tentu saja, Ramadhan tidak bisa terpisah dari Takjil Ramadhan atau makan berbuka. Menjelang matahari terbenam, umat Islam biasanya mulai sibuk menyiapkan makanan ringan dan minuman menyegarkan untuk menikmati buka puasa.

Ada banyak jenis takjil yang sangat digemari masyarakat Indonesia, bahkan di saat puasa Ramadhan pun mereka selalu menunggu sajian ini. Berawal dari kebiasaan mencari jajanan, beberapa makanan akhirnya menjadi incaran masyarakat Indonesia.

Makanan dan Minuman Takjil Ramadhan Paling Favorit

Makanan dan Minuman Popurel Untuk Takjil Ramadhan

Takjil Ramadhan identik dengan manisnya. Biasanya, banyak orang suka berkencan saat minum teh atau air putih untuk sarapan. Namun, ternyata banyak sekali makanan yang bisa dijadikan menu taqgir saat berpuasa.

Tapi makanan dan minuman apa yang paling populer selama puasa? Berikut 10 hidangan  yang paling populer untuk Takjil ramadhan :

1. Buah Kurma

Pada saat berbuka dengan buah kurma merupakan salah satu sunah rasul, jadi jangan heran jika buah kurma selalu ada di meja saat berbuka berpuasa. Selain itu, kurma menjadi pilihan terbaik untuk berbuka puasa karena mengandung serat yang tinggi, antioksidan, dan karbohidrat yang baik. Banyak jenis kurma yang bisa ditemukan di pasaran, seperti kurma Ajwa, Ambera, Barhi, Dayri, Deglet Noor, Khudri, Halawi, Safawi …

2. Kolak

Kolak yang disajikan usai puasa biasanya memiliki kandungan yang beragam. Ada manisan pisang, singkong, kaling, biji salak (berbahan ubi) dan labu kuning. Makanan santan ini digemari karena budaya masyarakat Indonesia yang sangat memperhatikannya. Tak heran, hidangan pembuka ini kerap dijumpai di setiap rumah tangga.

Saat berpuasa, umat Islam biasanya tidak mengabaikan makanan ini. Meski dianggap tidak sehat, makanan jenis ini kerap diburu oleh masyarakat. Gorengan ada banyak jenisnya, ada yang mengandung sayuran, seperti bakwan, panada, atau sekedar campuran tepung dan kacang-kacangan.

4. Kue tradisional

Kue-kue tradisional masih menjadi makanan pembuka paling populer. Uniknya, setiap daerah di Indonesia memiliki berbagai jenis kue dan namanya. Kue tradisional favorit termasuk Putuo ayu, apem, pangsit dan banyak lagi.

5. Es buah

Rasa campuran buah yang menyegarkan menjadi alasan mengapa sop buah ini banyak dijadikan sebagai menu makanan siap saji. Membuat soto buah bukanlah tugas yang mudah, karena bahan-bahan ini mudah ditemukan, dan cara pembuatannya juga sangat praktis. Anda bisa menyiapkan buah-buahan sesuai selera, tambahkan susu kental manis ke dalam mangkok, lalu aduk semuanya hingga rata, lalu tambahkan es batu untuk dipakai.

6. Minuman Takjil Ramadhan – Kelapa Muda

Saat berbuka puasa, minuman ini juga banyak diminati. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, es kelapa muda juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Manfaatnya antara lain mengatasi masalah pencernaan, menghilangkan dehidrasi, menjaga kesehatan kulit, menetralkan racun dalam tubuh, dan masih banyak lagi manfaat kesehatan lainnya.

7. Berbagai Gorengan

Saat bulan puasa, banyak orang yang memilih gorengan saat berpuasa karena murah dan praktis. Biasanya segala jenis gorengan dimakan dengan selai kacang, mulai dari Mendanan, Tahu, Bakwan, dll. Namun, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi gorengan karena tidak baik untuk kesehatan.

8. Kolang-kaling

Hampir semua orang Indonesia tidak akan asing lagi dengan makanan yang satu ini. sebagian besar dari mereka pasti pernah memanfaatkannya sebagai bahan utama pembuatan taqjil buka puasa di rumah. Kolang-kaling adalah makanan yang terbuat dari biji pohon palem. Biasanya dengan menolaknya sebagai campuran es buah atau es campur.

9. Minuman Takjil Ramadhan – Es Blewah

Makanan pembuka itu segar dan manis, yang merupakan kesenangan tersendiri. Ini juga akan sangat menyenangkan untuk memecahkan es melon. Es blewah merupakan menu tacogill yang terbuat dari campuran blewah, es dan pemanis (gula leleh atau sirup).

10. Minuman Takjil Ramadhan – Cincau cappucino

Minuman ini sangat digemari di kalangan anak muda. Saat berpuasa, minumlah yang segar dan manis. Jika ingin menikmati menu tagil appetizer yang enak dan simpel, kamu bisa mencoba cappucino jelly.

  • Bagikan