Pengertian dan Manfaat Kemitraan Usaha Kecil

  • Bagikan

Sukabuminewsupdate.com – Saat Anda mencari cara baru untuk mempresentasikan bisnis Anda kepada pelanggan, Anda mungkin tidak mempertimbangkan beberapa opsi. Ini disebut pemasaran kooperatif atau Kemitraan usaha.

Kemitraan usaha adalah kerjasama antara dua atau lebih perusahaan untuk menciptakan kegiatan pemasaran yang saling menguntungkan untuk membantu semua peserta mencapai tujuan bisnis mereka.

Bukan hal yang aneh bagi usaha kecil untuk berjuang dengan upaya pemasaran karena mereka tidak memiliki waktu, uang, atau sumber daya untuk mengabdikan diri pada pemasaran yang mereka butuhkan.

Dengan bekerja sama dengan perusahaan atau kelompok bisnis lain untuk mengembangkan strategi atau kegiatan pemasaran tertentu, pemasaran kooperatif dapat menjadi cara yang hemat biaya bagi usaha kecil untuk meningkatkan kesadaran merek, akuisisi pelanggan, dan pada akhirnya pertumbuhan.

Jika Anda mempertimbangkan apakah akan memulai pemasaran bersama untuk bisnis kecil Anda, lihat beberapa Keuntungan dari pemasaran koperasi

Baca juga: Membangun Hubungan Bisnis Yang Baik Dengan Pelanggan

Pengertian dan Manfaat Kemitraan Usaha Kecil

Keuntungan dari Kemitraan dalam Usaha

Dengan bekerja sama dengan perusahaan lain untuk mempromosikan merek Anda, pemasaran kooperatif membawa banyak manfaat.

1. Menghemat biaya

Salah satu keuntungan terbesar adalah pekerjaan pemasaran Anda lebih hemat biaya dan efisien, karena Anda dapat meningkatkan tenaga kerja secara efektif tanpa harus menanggung biaya bentuk pemasaran tradisional.

Contohnya mungkin penata rambut lokal yang mempromosikan layanan mereka di salon penyamakan kulit terdekat. Demikian pula, penata rambut mempromosikan salon penyamakan kulit di depan toko mereka.

Oleh karena itu, kedua perusahaan telah memperluas upaya pemasaran mereka dan menjangkau pelanggan baru di luar salon mereka tanpa biaya iklan.

2. Hubungan jangka panjang yang positif

Pemasaran kooperatif bukan tentang bersaing satu sama lain, tetapi membantu mengembangkan dan memelihara hubungan jangka panjang yang positif antara merek, yang dapat saling membantu.

Misalnya, jika perusahaan roti ingin menyediakan kue sehat yang baru, klub olahraga setempat dapat mengizinkan pembuat roti untuk mendirikan stan dan memberikan hadiah gratis kepada penonton selama pertandingan lapangan olahraga. klub.

“Bantuan” dapat dihargai oleh pembuat kue, yang membagikan brosur kepada semua orang yang membeli kue dan mempromosikan kelas yoga gratis kepada anggota baru klub olahraga.

Tidak hanya merek yang secara aktif bekerja sama, tetapi pelanggan juga suka menerima hadiah gratis dan produk merek bersama.

Bagaimana menemukan dan membangun kemitraan Usaha

Jika Anda ingin memanfaatkan peluang unik yang dibawa oleh bentuk pemasaran hemat biaya ini ke bisnis kecil Anda, Anda harus mempertimbangkan poin-poin berikut.

Idealnya, perusahaan tempat Anda bekerja di pasar tidak boleh menjadi pesaing langsung. Kemitraan pemasaran yang paling efektif adalah yang didirikan dengan perusahaan pelengkap, seperti toko bunga yang bekerja dengan perencana pernikahan, atau copywriter yang bekerja dengan desainer situs web.

Bekerja sama dengan perusahaan yang memiliki minat dan audiens yang sama dengan Anda akan memastikan bahwa upaya pemasaran Anda mencapai target pasar yang sesuai untuk bisnis Anda sendiri.

Bekerja sama dengan perusahaan yang ahli dalam pemasaran juga akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak manfaat dari pekerjaan pemasaran bersama.

Misalnya, usaha kecil yang bekerja dengan bisnis yang memahami cara mengoptimalkan operasi pemasaran media sosial akan terbukti lebih hemat biaya dan efisien daripada bekerja dengan bisnis yang memiliki sedikit atau tanpa ketajaman pemasaran media sosial.

Idealnya, bisnis yang Anda pilih untuk menjalin kemitraan pemasaran harus memiliki audiens yang besar. Misalnya, mereka memiliki banyak pengikut di media sosial atau daftar email penting, sehingga pesan pemasaran Anda akan tersampaikan ke audiens sebanyak mungkin.

Kesimpulan

Jika dilakukan dengan baik, pemasaran kooperatif dapat menjadi cara yang sangat efektif bagi bisnis kecil Anda untuk menjangkau pelanggan baru dan pada akhirnya memperluas skala dan keuntungannya.

  • Bagikan