Lakukan Hal Ini Untuk Mencegah Kebocoran Data

  • Bagikan
Lakukan Hal Ini Untuk Mencegah Kebocoran Data

Sukabuminewsupdate.com = Bagaimana mencegah kebocoran data. Saat ini, kebocoran data kembali terjadi. Publik dikejutkan dengan kabar bocornya data dari BPJS Kesehatan yang dimiliki oleh 279 juta penduduk Indonesia.

Kebocoran data semacam ini memang sangat sering terjadi. Belakangan ini, beberapa kampus negeri di Indonesia juga mengalami pembobolan data, antara lain UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Universitas Diponegoro Semarang.

Ketika ini terjadi, Anda tentu saja akan menjadi kelompok yang rentan akan tersebarnya data, karena itu Anda perlu melindungi akun yang Anda miliki.

Lakukan Hal Ini Untuk Mencegah Kebocoran Data

Bagaimana Mengatasi Kebocoran Data

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencegah kebocoran data pribadi Anda:

1. Ubah kata sandi

Saat Anda menemukan pelanggaran data, penting untuk mengubah kata sandi Anda. Anda harus segera mengganti kata sandi akun yang bocor. Tetapi untuk keamanan lebih, Anda harus mengubah semua kata sandi dari akun yang Anda miliki.

Mengapa ini wajib? Karena biasanya ada beberapa orang yang menggunakan kata sandi yang sama, peretas akun di masa mendatang akan mencoba menggunakan akun Anda yang lain.

Untuk membuat kata sandi lebih aman, sebaiknya gunakan kombinasi angka dan huruf, karena huruf menggabungkan huruf kecil dan huruf besar. Untuk keamanan lebih lanjut, Anda dapat menambahkan simbol ke kata sandi baru.

2. Aktifkan verifikasi dua langkah

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah verifikasi dua langkah. Jika Anda mengaktifkan fitur ini, Anda akan diverifikasi dalam dua langkah saat Anda masuk ke akun Anda.

Jika Anda mengaktifkan fitur ini, Anda akan menerima notifikasi dengan pushpin yang harus Anda masukkan saat membuka akun, jadi lebih aman. Jika ada pelanggaran, metode ini sangat ampuh dan dapat mengontrol akun Anda.

Beberapa media sosial kini memiliki fitur verifikasi dua langkah, karena fitur tersebut sudah ada, jadi sebaiknya Anda memanfaatkannya sebaik mungkin. Pastikan untuk mengaktifkan fitur ini untuk semua akun yang Anda miliki.

3. Pengelola kata sandi

Setiap orang harus memiliki banyak akun, dan saya dapat menggunakan sandi yang berbeda. Ini pasti akan membuat Anda lupa untuk mengingat kata sandi sekali.

Saat menggunakan aplikasi pengelola kata sandi, aplikasi ini dapat membantu Anda mengatur kata sandi yang diperlukan untuk beberapa akun.

Dengan teknologi ini, kata sandi yang Anda buat tidak akan bingung, Anda juga tidak akan melupakan banyak hal, yang akan membuat Anda lebih tenang. Saat memilih pengelola kata sandi, jangan lupa untuk memilih pengelola kata sandi yang benar-benar legal, karena ini sangat penting untuk memastikan keamanan Anda.\

Sebelum semua ini terjadi, sebaiknya lakukan pencegahan, bukan? Anda dapat mengikuti tindakan pencegahan berikut untuk menghindari kebocoran data.

Tindakan untuk mencegah kebocoran data

1. Jangan klik link di email

Saat peretas ingin mencuri data, trik yang biasa mereka gunakan adalah menipu Anda dengan mengirimkan link yang berisi malware. Oleh karena itu, ketika Anda menerima email yang mencurigakan, jangan klik link tersebut.

2. Hapus file lama

Saat menyalin data, itu harus diminimalkan. Sangat disarankan untuk menghapus file lama yang tidak digunakan.

Karena keamanan dunia maya ini sangat rapuh, Anda mungkin tidak 100% aman, sehingga selalu ada celah di mana pencuri data dapat mencuri data Anda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya melakukan hal tersebut, karena dapat sedikit mengurangi risikonya.

3. Minimalkan jumlah data pribadi di media sosial

Ketika Anda memiliki akun di media sosial, sebaiknya Anda mengisi data pribadi sesedikit mungkin, karena media sosial adalah tempat yang cukup terbuka di mana peretas dapat mencuri data sesuka hati.

4. Enkripsi data

Anda harus selalu mengenkripsi semua data di hard drive. Kemudian, saat Anda ingin mengirimkan file pribadi, Anda juga dapat menggunakan aplikasi seperti Telegram untuk melindungi data Anda dari pencurian.

Nah. itulah langkah-langkah untuk mencegah kebocoran data pribadi Anda. Semoga langkah di atas dapat membantu Anda menjaga data pribadi Anda.

  • Bagikan