Hati-Hati, Ini Metode Umum Peretas Untuk Membobol Rekening Bank

Sukabuminewsupdate.com – Banyak pengguna beralih ke perbankan online, jadi tidak heran peretas mencari detail login dan menggunakan berbagai metode untuk membobol Rekening Bank Anda.

Namun, sungguh mengejutkan seberapa jauh orang-orang ini akan menggunakan layanan keuangan Anda.

Hati-hati, Ini Metode Umum Peretas Untuk Membobol Rekening Bank

Metode Yang Sering Digunakan Membobol Rekening Bank, Hati-hati!

Peretas dapat mengunci rekening bank Anda dengan cara berikut dan cara memastikan keamanannya.

Metode Trojan Horse Mobile Banking

Sekarang, Anda dapat mengatur semua keuangan Anda melalui ponsel cerdas Anda. Biasanya, bank akan menyediakan aplikasi resmi dimana Anda bisa login dan mengecek akun Anda. Meskipun nyaman, ini telah menjadi vektor serangan utama bagi pembuat malware.

  • Gunakan aplikasi perbankan palsu untuk menipu pengguna

Metode serangan yang lebih sederhana adalah dengan memalsukan aplikasi perbankan yang ada. Penulis malware dapat membuat salinan sempurna dari aplikasi perbankan dan mengunggahnya ke situs web pihak ketiga. Setelah mengunduh aplikasi, Anda memasukkan nama pengguna dan kata sandi Anda di dalamnya, lalu mengirimkannya ke peretas.

  • Ganti aplikasi perbankan nyata dengan yang asli dan palsu

Versi olahraganya adalah Trojan mobile banking. Ini tidak berpura-pura sebagai aplikasi bank formal; mereka biasanya adalah aplikasi yang tidak ada hubungannya dengan Trojan yang terpasang padanya. Saat Anda menginstal aplikasi ini, Trojan akan mulai memindai ponsel Anda untuk aplikasi perbankan.

Biasanya Trojan ini juga membutuhkan kode verifikasi SMS untuk mengakses akun Anda. Oleh karena itu, mereka biasanya meminta izin membaca SMS selama proses instalasi, sehingga mereka dapat mencuri kode tersebut saat masuk.

Bagaimana cara bertahan melawan Trojan mobile banking

Saat mengunduh aplikasi dari toko aplikasi, harap perhatikan jumlah unduhan. Jika Anda memiliki sedikit unduhan dan sedikit atau tidak ada komentar, terlalu dini untuk menentukan apakah Anda memiliki perangkat lunak perusak.

Jika Anda memeriksa bank yang sangat populer dengan sedikit unduhan – kemungkinan besar barang palsu, maka “aplikasi resmi”-nya akan berlipat ganda. Mengingat popularitas bank, aplikasi resmi harus memiliki banyak unduhan.

Sekali lagi, harap perhatikan izin yang Anda berikan ke aplikasi. Jika game seluler meminta izin Anda tanpa menjelaskan alasannya, pastikan game tersebut aman dan tidak mengizinkan aplikasi untuk diinstal. Bahkan layanan “tidak bersalah” seperti Layanan Aksesibilitas Android dapat digunakan di tangan yang salah.

Terakhir, jangan pernah menginstal aplikasi perbankan dari situs pihak ketiga, karena mungkin mengandung malware. Meskipun toko aplikasi resmi tidak sempurna, mereka jauh lebih aman daripada situs web acak di Internet.

Metode Serangan man-in-the-middle

Terkadang, peretas akan menargetkan komunikasi antara Anda dan situs web bank untuk mendapatkan detail Anda. Serangan ini disebut serangan man-in-the-middle (MITM), dan namanya menjelaskan semuanya. Saat itulah peretas mencegat komunikasi antara Anda dan layanan yang sah.

Umumnya, serangan MITM melibatkan pemantauan server yang tidak aman dan menganalisis data yang melewatinya. Saat Anda mengirim detail login melalui jaringan ini, peretas akan “mengendus” detail Anda dan mencurinya.

Bagaimana cara bertahan dari serangan MITM

Jangan pernah melakukan aktivitas sensitif apa pun di jaringan publik atau tidak aman. Harap berhati-hati dan gunakan item yang lebih aman, seperti Wi-Fi rumah. Juga, saat masuk ke situs sensitif, selalu periksa HTTPS di bilah alamat. Jika tidak, kemungkinan besar Anda akan melihat situs web palsu!

Jika Anda ingin melakukan aktivitas sensitif melalui jaringan Wi-Fi publik, mengapa tidak mengontrol privasi Anda? Sebelum komputer Anda mengirim data melalui jaringan, layanan VPN mengenkripsi data Anda. Jika seseorang memantau koneksi Anda, mereka hanya akan melihat paket terenkripsi yang tidak dapat dibaca.

Kesimpulan

Sekarang setelah Anda mengetahui taktik kompleks yang digunakan oleh peretas untuk membuka rekening bank, mengapa tidak membawa keamanan bank Anda ke tingkat yang baru? Dari sering mengganti kata sandi hingga hanya memeriksa laporan setiap bulan, ada banyak cara untuk melindungi keuangan Anda dari peretas.

Check Also

Metode Cetak serta Unduh Sertifikat Vaksin Ke 1 serta 2, Lebih Aman

Begini Metode Cetak serta Unduh Sertifikat Vaksin Ke 1 serta 2, Lebih Aman Cetak & …