Home / Other news / Definisi Sales dan Marketing Serta Perbedaannya Yang Anda Ketahui

Definisi Sales dan Marketing Serta Perbedaannya Yang Anda Ketahui

Sukabuminewsupdate.com – Dalam dunia kerja dan kehidupan, Anda pasti sering mendengar tentang sales dan marketing, bukan? Saat Anda melamar pekerjaan atau pernah melihat beberapa perusahaan. Beberapa posisi sudah dikenal luas, seperti sales, marketing, customer service, supervisor dan posisi lainnya.

Beberapa orang beranggapan bahwa sales dan marketing adalah hal yang sama. Faktanya adalah bahwa departemen penjualan adalah posisi di mana seseorang harus menjual produk dengan baik, dan pemasaran adalah pemasaran produk. Kedua perbedaan ini mungkin membuat banyak orang merasa bingung dan sulit: sebagai dua posisi yang paling membantu perusahaan, posisi ini adalah posisi yang paling dibutuhkan.

Lantas mengapa begitu banyak orang yang tidak memahami arti dan perbedaan antara penjualan dan pemasaran? Oke, Anda bisa memahami beberapa perbedaan antara penjualan dan pemasaran. Pahami dulu arti dan definisi penjualan dan pemasaran masing-masing. Di bawah ini adalah deskripsi penjualan dan pemasaran yang lebih rinci.

Definisi Sales dan Marketing Serta Perbedaannya Yang Anda Ketahui

Definisi Sales dan Marketing

  • Definisi Sales

Di sebuah perusahaan, penjualan meja kerja itu sendiri adalah penjualan barang atau produk yang ditunjuk. Setelah melakukan pekerjaan yang baik dalam pemasaran, tim penjualan mengubah pemasaran menjadi pelanggan. Definisi yang sebenarnya adalah sales adalah posisi dimana seseorang menjual produk sampai dia menjual produk sesuai dengan target yang ditentukan. Adapun beberapa penjualan ternama, seperti penjualan obat, penjualan alat kesehatan, penjualan makanan, penjualan mobil, penjualan sepeda motor, dan beberapa jenis penjualan lainnya.

Hal yang perlu diingat adalah sales adalah orang yang menjual produk setelah mereka selesai melakukan pemasaran. Penjualan bertindak langsung untuk menjual produk. Oleh karena itu, sangat berbeda dengan pemasaran.

  • Definisi Marketing

Pemasaran adalah posisi yang memberi tahu produk untuk dijual. Pemasaran akan merinci produk atau layanan yang akan Anda jual kepada konsumen. Dengan kata lain, pemasaran itu sendiri adalah suatu tim yang bertanggung jawab untuk mempromosikan produk atau jasa yang akan diberikan kepada konsumen. Marketing juga bertanggung jawab untuk meriset pasar, ketika ingin menjual suatu produk tentunya perlu meriset sesuatu terlebih dahulu. Riset pasar yang baik, kelompok konsumen, harga produk dan beberapa pertimbangan lainnya.

Beberapa contoh pekerjaan pemasaran yang perlu Anda ketahui, seperti pemasaran konten, pemasaran media sosial, pemasaran email, pemutar SEO, dan beberapa posisi menarik lainnya. Oleh karena itu, jika pemasaran dan penjualan adalah hal yang sama, itu salah. Dalam hal pekerjaan, ini sangat berbeda.

Perbedaan Sales dan Marketing

Konsep Strategi dan Pencanaan Sales :

1. Perencanaan

  • Buat rencana penjualan yang tepat.
  • Tentukan keberhasilan target dan proses penjualan
  • Merencanakan area yang akan dijadikan lokasi penjualan
  • Bangun tim penjualan yang baik untuk mencapai kesuksesan
  • Gunakan strategi untuk menjual dengan baik

2. Strategi

  • Gunakan konsep penjualan untuk menjual dan berinovasi
  • Memberikan konsumen produk yang berkualitas
  • Membuat produk laku sesuai target penjualan yang ditentukan

Konsep Strategi dan Perencanan Marketing:

1. Perencanaan

  • Tentukan produk atau layanan yang akan disediakan
  • Teliti pelanggan konsumen yang akan membeli produk atau menggunakan layanan
  • Tentukan harga produk dan layanan yang akan disediakan
  • Gunakan strategi pemasaran yang baik untuk produk atau layanan yang akan disediakan

2. Strategi

  • Gunakan teknik pemasaran produk online
  • Gunakan teknik pemasaran offline
  • Gunakan teknik kreatif yang efektif untuk membuat produk Anda terkenal

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Kedai Kopi untuk Pemula 2021

Kesimpulan

Oleh karena itu, dapat disimpulkan dari beberapa perbedaan Sales dan Marketing bahwa keduanya berbeda. Bagi yang sering menyebut sales dan marketing sama jabatannya. Anda salah karena kedua pekerjaan ini berbeda. Kedua pekerjaan ini sangat dibutuhkan perusahaan karena saling terkait dan sangat berarti bagi perusahaan yang sedang berkembang. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan referensi bagi anda.