Home / Other news / Manfaat Zakat Fitrah Dari Segi Agama, Ahlak dan Sosial

Manfaat Zakat Fitrah Dari Segi Agama, Ahlak dan Sosial

Sukabuminewsupdate.com – Umat ​​Islam yang dalam keadaan mampu diwajibkan untuk membayar zakat fitrah berupa makanan pokok.  Mengingat makanan pokok di Indonesia adalah beras, maka setiap orang wajib membayar zakat fitrah berupa beras 3,5 liter atau 2,5 kilogram atau setara dengan mata uang.

Secara terminologi, Zakat adalah ukuran aset tertentu yang harus dikeluarkan dalam kondisi tertentu menurut hukum Islam kepada mereka yang membutuhkan atau kepada yang berhak mendapatkannya. Secara umum ada dua jenis zakat, yaitu zakat fitrah dan zakat maal. Masing-masing jenis memiliki sistem dan nama yang berbeda, tetapi tujuannya sama, yaitu membantu masyarakat yang kekurangan.

Manfaat Zakat Fitrah Dari Segi Agama, Ahlak dan Sosial

Manfaat zakat fitrah dari segi agama

Zakat tidak hanya baik bagi yang menerimanya (mustahiq), tetapi juga bagi yang memberi zakat (muzakki).

Membayar zakat sangat bermanfaat bagi muzakki atau yang memberi zakat. Manfaat apa yang bisa dirasakan?

  • Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang harus senantiasa dilakukan untuk membahagiakan manusia di dunia dan di masa depan.
  • Zakat merupakan salah satu cara mendekatkan Allah SWT yang dapat meningkatkan keyakinan dan ketaatan kepada Allah SWT.

Bagi umat Islam yang membayar zakat akan diberi pahala yang limpah. Seperti firman Allah  dalam surat Al-Baqarah: 276

يَمْحَقُ اللّٰهُ الرِّبٰوا وَيُرْبِى الصَّدَقٰتِ ۗ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ اَثِيْمٍ

Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan bergelimang dosa.

Dengan membayar Zakat, Allah akan menanggung segala dosa seseorang. Seperti yang dikatakan Nabi Muhammad SWA, “sedekah itu memadamkan kesalahan, kebetulan air memadamkan api” Makna sedekah adalah zakat dan segala sedekah.

Manfaat zakat fittrah Dari Segi Ahlak

Berbagai manfaat dapat meningkatkan akhlak muzakki sehingga perjalanan waktu menjadi lebih baik di masa depan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat zakat terkait akhlak manusia.

  • Zakat memasukkan muzakki di antara kualitas mulia dari bentuk yang murah hati dan sangat toleran.
  • Zakat bisa menambah simpati dan bisa juga bersimpati dengan muzakki kepada saudara-saudara yang membutuhkan. Allah benar-benar mencintai orang-orang yang mencintai saudara-saudara mereka yang kekurangan.
  • Mengorbankan tubuh dan memberikan kekayaan kepada umat Islam dapat membuat seseorang merasa bebas dan menenangkan jiwa. Selain itu dapat membuat seseorang lebih disayangi oleh orang lain, karena hal-hal yang diberikan kepada saudara-saudaranya membawa manfaat yang besar.

Zakat dapat meningkatkan akhlak orang yang ikhlas mencapai tujuannya. Sifat alami dan ukurannya yang besar mungkin menghilang darinya. Seperti firman Allah  dalam surat Qs. At-Taubah: 103

خُذْ مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْۗ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.”

Baca juga: 10 Malam Terakhir Ramadhan – 5 Amalan ini Jangan Di Lewatkan!

Manfaat Zakat fitrah dari segi Sosial

Selain memberi manfaat dan meningkatkan akhlak dari segi agama, zakat juga dapat dirasakan dari segi sosial. Apa keuntungan bagi mereka yang membayar zakat dengan itikad baik?

  • Zakat dapat membantu orang miskin memenuhi kebutuhannya.
  • Zakat bisa dikaitkan dengan Ikhwanul dan ukhuwah Islamiyah.
  • Membayar zakat bisa menghilangkan rasa iri dan cemburu yang ada di pelukan yang membutuhkan.
  • Keberadaan orang-orang kaya tersebut belum memberikan manfaat apapun bagi mereka yang kurang mampu secara ekonomi. Pada saat yang sama, orang kaya tidak membayar zakat atau bersedekah kepada orang miskin, sehingga terhindar dari konflik fisik dan menghilangkan semua penyakit.
  • Membayar zakat bisa menambah kekayaan dan menambah keberkahan kekayaan. Seperti yang dikatakan dalam Hadist Nabi Muhammad SAW, “Sedekah tidak mengurangi kekayaan
  • Zakat akan memperluas aset yang beredar. Hal ini dikarenakan membayar zakat artinya harta tidak akan berhenti sekaligus, tetapi bisa disebarkan ke banyak orang, sehingga manfaat zakat tidak hanya untuk pribadi saja, tetapi juga banyak dibawa ke masyarakat.

Tentunya Anda sudah memiliki THR di tas Anda, bukan? Selain untuk kebutuhan Lebaran, THR juga dialokasikan untuk membayar zakat.