5 Strategi Pemasaran Digital Yang Efektif Untuk UMKM

Sukabuminewsupdate.com – Sebagai usaha mikro kecil menengah, kunci sukses di pasar adalah strategi pemasaran sevara digital. Pemasaran digital membantu bisnis kecil tumbuh karena pemasaran bertujuan untuk menarik pelanggan agar bergabung dengan bisnis Anda. Pemasaran bukanlah konsep yang rumit, tetapi Anda dapat melihat jutaan fitur dalam pemasaran.

5 Strategi Pemasaran Digital Yang Efektif Untuk UMKM

Strategi Pemasaran Digital Untuk UMKM

Strategi pemasaran yang efektif dapat membantu usaha untuk meningkatkan penjualan dengan menarik lebih banyak pelanggan. Banyak bisnis kecil mendominasi pasar berdasarkan rencana pemasaran. Pemasar menggunakan berbagai strategi untuk menarik pelanggan yang tepat untuk memulai bisnis mereka.

Anda adalah bisnis kecil dan ingin mengembangkan bisnis Anda? Tetap bersama kami sampai akhir, karena artikel ini akan membantu Anda mengembangkan rencana pemasaran. Berikut 8 strategi pemasaran terbaik untuk bisnis kecil.

Kenali pelanggan Anda

Strategi pemasaran yang berbeda dapat diterapkan pada bisnis kecil. Karena satu spesifikasi cocok untuk semua orang, Anda harus tahu bahwa satu strategi pemasaran tidak dapat diterapkan pada semua bisnis. Bisnis kecil memiliki strategi pemasaran yang beragam.

Setiap perusahaan memiliki segmen pasar dan produk yang berbeda di pasar, sehingga setiap perusahaan membutuhkan strategi pemasaran yang berbeda sesuai dengan tujuan dan kebutuhannya.

Saat menentukan strategi pemasaran, mereka harus memahami pelanggan target mereka dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan berikut.

  • Siapa target pelanggan ?
  • Layanan online apa yang digunakan pelanggan target ?
  • Berapa umur pelanggan?
  • Di mana mereka tinggal?
  • Bagaimana cara mereka mencari produk?

Ketika Anda memahami informasi tentang pelanggan Anda ini, itu akan membantu Anda mengembangkan rencana pemasaran yang efektif untuk memperluas audiens Anda dan mendapatkan lebih banyak penjualan.

1. Bangun situs web

Dalam dunia bisnis saat ini, situs web memainkan peran yang efektif. Ini adalah kesempatan pertama untuk mengesankan pelanggan. Calon pembeli akan mengunjungi situs tersebut terlebih dahulu setelah Google mereferensikan dan menamai situs tersebut. Faktanya, ini adalah dasar dari operasi dan rencana pemasaran.

Situs ini memberikan lebih banyak informasi kepada pelanggan; itu membawa lebih banyak lalu lintas melalui mesin pencari, dan menonjol dengan konten yang bermanfaat.

Baca juga: Cara Membangun Situs Web Untuk Bisnis Online 2021

2. Lakukan SEO situs web Anda.

Lalu lintas terbanyak dikirim ke situs melalui mesin pencari Google. Algoritme Google berubah dari waktu ke waktu, jadi situs web Anda harus diperbarui agar selalu dalam kondisi teratas sehingga peringkat situs web Anda lebih tinggi di mesin telusur.

Jika situs web ada di beranda, ada lebih banyak peluang untuk meningkatkan lalu lintas dan klik situs web. SEO adalah cara terbaik untuk mengoptimalkan situs web dan menjaganya tetap diperbarui di mesin pencari.

3. Gunakan Iklan Facebook untuk beriklan.

Banyak bisnis kecil beriklan di saluran media sosial (seperti Facebook dan Instagram) untuk menarik lebih banyak lalu lintas ke situs web mereka.

Facebook adalah aplikasi sosial paling populer dengan jutaan pengguna aktif. Tetapi Anda dapat menargetkan audiens tertentu menurut informasi demografis seperti usia, jenis kelamin, kebiasaan online, minat, lokasi geografis, dll. Iklan Facebook adalah cara yang efektif dan murah untuk menarik pelanggan sebanyak mungkin.

Baca juga: 5 Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis Saat Ini

4. Gunakan Google Google Ads Indonesia

Orang-orang menelusuri produk di Google. Jika Anda menggunakan Google Ads Indonesia, Anda akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk menampilkan nama Anda kepada calon pelanggan.

Dibandingkan dengan strategi pemasaran lainnya, ini adalah strategi yang mahal, tetapi dianggap sebagai alat pemasaran yang paling ampuh.

5. Daftarkan diri Anda di Google My Business

Google My Business adalah alat yang berguna untuk bisnis lokal, seperti bisnis kecil. Jika Anda mendaftarkan diri Anda dalam daftar, Google akan menampilkan usaha Anda di bagian atas daftar orang untuk produk terkait di area pencarian perusahaan.

Ketika pelanggan melihat situs web perusahaan Anda di bagian atas dan mendapatkan ulasan yang bagus, mereka akan mengeklik situs web Anda dan mencari usaha Anda. Selain itu, ketika Google merekomendasikan bisnis apa pun, reputasi itu akan lebih tinggi dan orang-orang akan lebih mempercayainya.

Check Also

Strategi Perencanaan Bisnis Sebelum Memulai Bisnis Pada 2021

Strategi Perencanaan Bisnis Sebelum Memulai Bisnis Pada 2021

Sukabuminewsupdate.com – Ketika Anda berencana untuk memulai bisnis baru dan apa pun bisnsis yang akan …