Strategi Perencanaan Bisnis Sebelum Memulai Bisnis Pada 2021

  • Bagikan
Strategi Perencanaan Bisnis Sebelum Memulai Bisnis Pada 2021
Business planning concept with wooden cubes on grey and white background side view.

Sukabuminewsupdate.com – Ketika Anda berencana untuk memulai bisnis baru dan apa pun bisnsis yang akan mulai, Anda perlu merencanakan dengan hati-hati serta Anda harus mempunya rencana yang matang terlebih dahulu. Istilahnya adalah business plan atau Perencanaan Bisnis.

Perencana bisnis ini sangat penting untuk panduan Anda tentang bagaimana menjalankan bisnis Anda untuk mendapatkan hasil terbaik.

Saat merencanakan bisnis ini, Anda memerlukan poin-poin terpenting agar dapat mengembangkan rencana bisnis yang baik dan menggunakannya sebagai kerangka kerja untuk bisnis masa depan.

Strategi Perencanaan Bisnis Sebelum Memulai Bisnis Pada 2021

Tujuan Dari Strategi Perencanaan Bisnis

Perencanaan bisnis sangat diperlukan sebelum Anda memulai bisnis. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk tujuan bisnis Anda,  sebelum memulai bisnis baru:

  • Pahami dengan jelas sasaran bisnis sasaran dan pasar sasaran
  • Minimalkan resiko yang mungkin timbul dimasa yang akan datang
  • Menjadi pemenang atau dapat berpartisipasi dalam pertempuran pasar
  • Kembangkan strategi pemasaran yang ditargetkan untuk mencapai penjualan yang maksimal
  • Bujuk investor untuk berinvestasi atau bank untuk membantu meminjamkan modal berisiko

6  Komponen Perencana Bisnis Yang Sukses

Berikut adalah  6 komponen perencanaan bisnis yang dapat membantu Anda mencapai tujuan jangka panjang bisnis Anda.

1. Deskripsi bisnis

Deskripsi bisnis adalah bagian pertama dan terpenting dari perencanaan bisnis bisnis apa pun

Dalam deskripsi bisnis, Anda akan menjelaskan secara singkat dan jelas ruang lingkup bisnis Anda serta produk dan potensinya.

Deskripsi bisnis juga dapat digunakan untuk mencari investor bisnis atau memberikan informasi tentang potensi dan arahan pengembangan bisnis Anda kepada semua pihak yang berkepentingan.

2. Strategi pemasaran

Sebagai salah satu komponen business plan, strategi pemasaran sama pentingnya dengan fondasi kesuksesan bisnis. Namun, pada saat ini strategi pemasaran e-commerce lah yang paling banyak diminati.

Saat merumuskan strategi pemasaran dalam perencanaan bisnis, Anda harus terlebih dahulu menganalisis produk yang Anda jual dari dua aspek: kelebihan, kekurangan, dan potensi penerimaan pasar berdasarkan harga yang diberikan.

3. Analisis pesaing

Pesaing atau pesaing seperti pedang bermata dua dalam sebuah bisnis.

Di satu sisi, pesaing adalah mekanisme penetapan harga pasar yang adil. Selain itu, keberadaan pesaing juga penting bagi perusahaan untuk menjaga kualitas dan pelayanan yang baik.

Di sisi lain, jika perusahaan tidak dapat bersaing, pesaing dapat mengancam kelangsungan perusahaan.

4. Desain komersial dan rencana pengembangan

Di mata pasar dan konsumen, rencana desain suatu perusahaan sangat erat kaitannya dengan visi dan citra merek perusahaan.

Desain komersial adalah wajah yang Anda tunjukkan saat berhadapan dengan publik, baik itu pelanggan atau pesaing Anda. Oleh karena itu, Anda harus menampilkan gambar yang menarik, mudah diingat dan menjaga hubungan dekat dengan publik.

5. Perencanaan proses produksi

Perencana proses produksi merupakan salah satu komponen yang berkaitan dengan cara menampilkan produk dalam rencana bisnis agar produk tersebut dapat dipromosikan ke masyarakat luas.

Paket yang satu ini sangat bergantung pada jenis bisnis yang Anda pilih. Ada bisnis yang mengharuskan pemilik bisnis menyajikan produk dari nol atau menyediakan hanya bahan baku.

6. Perencanaan dan manajemen operasional

Perencanaan bisnis dan pengelolaan dalam rencana tersebut agar bisnis dapat berjalan secara berkelanjutan.

Fokus dalam perencanaan n bisnis dan manajemen operasional adalah rencana operasional perusahaan logistik. Misalnya tugas dan tanggung jawab tim manajemen, kebutuhan anggaran atau biaya operasional perusahaan, serta tata cara penugasan untuk setiap divisi perusahaan.

Tujuannya jelas, agar semua rencana yang akan direalisasikan kedepannya dapat membawa manfaat dan kelangsungan hidup perusahaan.

Baca juga: BLT UMKM Cair Rp 1,2 Juta, Begini Cara Daftar Bukan Untuk PNS!

Dengan perencanaan bisnis yang matang, bisnis baru akan lebih siap memasuki persaingan pasar untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal

  • Bagikan