Teknologi 5G – Semua yang perlu Anda ketahui

Sukabuminewsupdate.com – Sudah hampir sepuluh tahun sekarang, dan sekarang teknologi 5G telah menjadi kenyataan. Beberapa tahun yang lalu, operator nirkabel mulai menyebarkan 5G ke kota-kota tertentu.Menurut paket ponsel Anda, akses Internet seluler 5G sekarang relatif tersedia secara luas. Tapi apa sebenarnya 5G itu?

Tampaknya ada lebih banyak pertanyaan tentang 5G daripada jawaban. Beberapa orang ingin tahu di mana 5G dapat digunakan dan apakah mereka akan melihatnya di kota mereka, sementara yang lain lebih tertarik dengan ponsel 5G mana yang harus mereka beli. Tentu saja ada kontroversi mengenai operator mana yang akan memiliki paket ponsel 5G terbaik

Teknologi 5G - Semua yang perlu Anda ketahui

Apa yang di maksud dengan Teknologi 5G

Teknologi 5G adalah generasi kelima dari broadband seluler, yang pada akhirnya akan menggantikan atau setidaknya meningkatkan koneksi 4G LTE . Dengan 5G,  bisa mendapatkan kecepatan unduh dan unggah yang lebih cepat. Penundaan atau waktu yang diperlukan perangkat untuk berkomunikasi dengan jaringan nirkabel juga juga akan berkurang secara drastis

Seberapa cepat Teknologi 5G

Jelas, 5G lebih cepat dari 4G, tetapi seberapa jauh? Standar teknologi telekomunikasi yang dikembangkan oleh 3GPP agak rumit, tetapi berikut ini adalah gambaran umum kecepatan 5G:

  • Kecepatan data puncak: 5G akan memberikan kecepatan data yang lebih cepat. Kecepatan data puncak dari setiap stasiun pangkalan seluler dapat mencapai 20Gbps downlink dan 10Gbps uplink. Harap dicatat bahwa ini bukanlah kecepatan saat Anda menggunakan 5G (kecuali Anda memiliki koneksi khusus), tetapi kecepatan yang dibagikan oleh semua pengguna di sel, bahkan kecepatan yang sangat tinggi.
  • Kecepatan 5G di dunia nyata: Meskipun kecepatan data puncak terdengar mengesankan, kecepatan sebenarnya tidak akan sama. Spesifikasi mengharuskan pengguna untuk mengunduh pada 100Mbps dan mengunggah pada 50Mbps.
  • Efisiensi: Antarmuka nirkabel harus menghemat energi saat digunakan, dan beralih ke mode hemat energi saat tidak digunakan. Idealnya, ketika radio tidak lagi digunakan, radio harus dapat beralih ke status energi rendah dalam 10 milidetik.
  • Efisiensi spektral: Efisiensi spektral adalah “menggunakan spektrum atau bandwidth yang dioptimalkan sehingga jumlah data maksimum dapat ditransmisikan dengan kesalahan transmisi terkecil.” Efisiensi spektrum 5G diharapkan sedikit lebih baik daripada LTE, dengan 30bits / Hz untuk downlink dan 15bits / Hz untuk uplink.
  • Mobilitas: Saat menggunakan 5G, pemancar harus mendukung pergerakan dari 0 hingga 310 mph. Artinya, bahkan di kereta berkecepatan tinggi, stasiun pangkalan harus menangani berbagai pergerakan antena. Meskipun mudah dilakukan di jaringan LTE, mobilitas ini dapat menjadi tantangan bagi jaringan mmWave baru.
  • Kepadatan koneksi: Dalam hal kepadatan koneksi, 5G seharusnya dapat mendukung lebih banyak perangkat yang terhubung daripada 4G LTE. Standar tersebut menyatakan bahwa 5G harus dapat mendukung 1 juta perangkat yang terhubung per kilometer persegi. Ini adalah angka yang sangat besar, yang memperhitungkan banyak perangkat terhubung yang akan memberi daya pada Internet of Things (IoT).

Di dunia nyata, kecepatan 5G sebenarnya akan sangat bervariasi. Pada akhirnya, jaringan Sub-6 harus mampu memberikan kecepatan beberapa ratus gigabit per detik, tetapi saat ini, jangkauan koneksi bisa dari 50Mbps hingga 400Mbps.

Baca juga: 5 Tren Teknologi Teratas yang Akan Membentuk Inovasi Di 2021

Apakah 5G aman

Singkatnya,  5G tidak berbahaya bagi kesehatan. Kekhawatiran tentang keamanan gelombang radio telah ada selama bertahun-tahun, tetapi terlepas dari teori konspirasi 5G,  belum menemukan bukti bahwa 5G sebenarnya berbahaya bagi kesehatan manusia.

Pada titik ini, gelombang radio 5G tidak jauh berbeda dengan gelombang radio yang telah kita jalani selama beberapa dekade.

Lebih penting lagi, sebagian besar gelombang radio yang digunakan dalam 5G telah digunakan untuk banyak hal berbeda sebelumnya. Beberapa di antaranya telah digunakan dalam 4G, dan beberapa telah digunakan dalam penyiaran televisi dan komunikasi lainnya.

Dengan kata lain, sejauh ini tidak ada bukti bahwa gelombang tersebut menimbulkan ancaman kesehatan.

Check Also

5 Ponsel Samsung Berbekal RAM 6 GB yang Sesuai Buat Multitasking

Buat menunjang keperluan kebutuhan multitasking dikala bekerja tiap hari, semacam mengunduh file video ataupun gambar …